Loading…
For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Mobil LCGC Boleh Isi Pertalite, Walau Tak Cocok

Mobil LCGC Boleh Isi Pertalite, Walau Tak Cocok

Pembatasan penggunaan bahan bakar subsidi RON 90 Pertalite kemungkinan diperluas menjadi dua kategori mesin bensin dari sebelumnya direncanakan hanya untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas, dan mulai 1.500 cc ke atas.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengungkapkan saat ini pihaknya masih menunggu aturan resmi sebelum kebijakan ini dapat diterapkan. Direncanakan tahap awal untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas pada 1 September.

Aturan itu yakni revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

mobil-mobil jenis LCGC atau low cost green car seperti Toyota Agya dan Toyota Calya didesain untuk menggunakan bensin minimal RON 92. Sehingga, LCGC tidak disarankan untuk memakai Pertalite.

Toyota Agya memiliki rasio kompresi mesin 11,1:1. Sementara Toyota Calya rasio kompresi mesinnya 11,5:1. Spesifikasi mesin dengan rentang rasio kompresi 10 sampai 11 harusnya menggunakan BBM dengan RON minimal 92, sekelas Pertamax. Sementara Pertalite hanya untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 hingga 10:1

tidak pakai BBM yang sesuai rekomendasi, pasti emisi gas buangnya akan turun secara kualitas. Kedua, performa juga akan terasa turun. Yang tadinya bisa spontan ngegas, sekarang agak lemot. Karena memang titik bakarnya beda.

ada efek jangka panjangnya khususnya bensin bisa menimbulkan penumpukan kerak karbon di ruang bakar piston dan dinding silindernya. Itu sudah sering kejadian kita mengalami hal itu.

Anjuran LCGC untuk mengkonsumsi BBM dengan oktan minimal 92 itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) nomor 36 tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah. Dalam pasal 4 butir 6 disebutkan bahwa mobil LCGC menggunakan penandaan informasi penggunaan bahan bakar dengan tingkat paling rendah octane number 92 untuk bensin atau cetane number 51 untuk diesel yang dicantumkan pada penutup tangki bahan bakar bagian dalam dan pojok bawah kaca belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.